RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP
N 4 Manado
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester: IX / 2 (Genap)
Standar Kompetensi : 6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :
6.2. Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan
geometri.
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran (2 pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama, dan
Kedua.
Siswa dapat :
1.
Menentukan suku ke-n aturan ditambah atau
dikurangi dengan bilangan yang sama.
2.
Menentukan rumus suku ke-n dengan aturan dikalikan atau dipangkatkan.
3.
Menentukan barisan bilangan, jika diketahui rumus suku
ke-n.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.
Materi Pokok
Suku ke-n dari suatu barisan bilangan.
C.
Media dan Sumber
Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama, dan
Kedua.
I.
Pendahuluan
- Apersepsi : .Membahas PR yang sulit.
1.
Guru memberikan motivasi tentang materi yang akan
dipelajari berikutnya yaitu menen-tukan suku ke-n dan menentukan rumus
suku ke-n .
II.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menentukan suku ke-n
aturan ditambah atau dikurangi dengan bilangan yang sama.
F Menentukan rumus suku
ke-n dengan aturan dikalikan atau dipangkatkan.
F Menentukan barisan
bilangan, jika diketahui rumus suku ke-n.
F materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
III. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik diberi PR
E. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menjelaskan pengertian
barisan aritmatika dan barisan geometri.
· Menentukan rumus suku
ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.
|
Tes tertulis
|
Tes pilihan ganda
Isian singkat
|
· Manakah yang merupakan
barisan aritmetika?
a. 1, 3, 5, 7, 9, ...
b. 1, 2, 4, 5, 7, ...
c. 1, 4, 6, 8, ...
· Suku ke-10 dari deret
2, 5,
8, 11, 14, ...
adalah
.....
|
Mengetahui,
Kepala
SMPN 4 Manado
(Drs David J Matheos,MAP)
NIP195603031986021002
|
Manado,Januari
2012.
Guru
Mapel Matematika.
(I
Nyoman Puja Astawa,S.Pd,M.Si )
NIP197208281998021002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar