Senin, 14 Mei 2012

Kesebangunan dan Kekungruenan Syarat Dua Bangun Datar Sebangun Rp100,00 yang terbuat dari logam aluminium akan tampak bahwa gambar burung Garuda di dua uang logam itu sama tetapi ukurannya berbeda. Permukaan kedua uang pecahan itu dapat dipandang sebagai bangun datar. Apa yang akan kamu pelajari?



sebangun.
 
Kata Kunci:
Sebangun
Faktor skala
Amatilah pasangan bangun-bangun berikut
ini.
a. b.
c. d.
Komunikasi
Manakah pasangan bangun yang bentuknya
berbeda? Jelaskan.
Manakah pasangan bangun yang bentuknya
sama tetapi ukurannya berbeda? Jelaskan
Gambar 1.1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah       :  SMP N 4 Manado
Mata Pelajaran       : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester:   IX / 2 (Genap)

Standar Kompetensi : 6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar    : 6.2. Menentukan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.
Alokasi Waktu          : 4 jam pelajaran (2 pertemuan)

A.       Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama, dan Kedua.
Siswa dapat :
1.         Menentukan suku ke-n aturan ditambah atau dikurangi dengan bilangan yang sama.
2.         Menentukan rumus suku ke-n dengan aturan dikalikan atau dipangkatkan.
3.         Menentukan barisan bilangan, jika diketahui rumus suku ke-n.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )

B.       Materi Pokok
Suku ke-n dari suatu barisan bilangan.

C.       Media dan Sumber Pembelajaran
Buku Paket, Buku Penunjang, transparan dan OHP.

D.       Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama, dan Kedua.
I.          Pendahuluan
- Apersepsi : .Membahas PR yang sulit.
1.        Guru memberikan motivasi tentang materi yang akan dipelajari berikutnya yaitu menen-tukan suku ke-n dan menentukan rumus suku ke-n .
II.       Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menentukan suku ke-n aturan ditambah atau dikurangi dengan bilangan yang sama.
F  Menentukan rumus suku ke-n dengan aturan dikalikan atau dipangkatkan.
F  Menentukan barisan bilangan, jika diketahui rumus suku ke-n.
F  materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;


§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;


§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.



III. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
F  Peserta didik diberi PR




E.     Penilaian
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menjelaskan pengertian barisan aritmatika dan barisan geometri.
·   Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.

Tes tertulis
Tes pilihan ganda
Isian singkat
·   Manakah yang merupakan barisan aritmetika?
a.       1, 3, 5, 7, 9, ...
b.      1, 2, 4, 5, 7, ...
c.       1, 4, 6, 8, ...
·   Suku ke-10 dari deret
    2, 5, 8, 11, 14, ...
    adalah .....


























Mengetahui,
Kepala SMPN 4 Manado



(Drs David J Matheos,MAP)
      NIP195603031986021002


Manado,Januari 2012.
Guru Mapel Matematika.



(I Nyoman Puja Astawa,S.Pd,M.Si )
NIP197208281998021002